Sunday 4 December 2016

Bingung Memilih Jurusan Kuliah ?

Setelah lulus sekolah menengah bingung buat pilih jurusan kuliah? Tips ini berguna banget buat kalian

Bingung memilih jurusan kuliah


Banyak sekali jurusan perkuliahan didunia ini yang menentukan tujuan hidup kalian yang nanti akan menjadi bekal kalian dalam dunia kerja ataupun usaha, dalam memilih jurusanpun kita tidak boleh asal pilih jurusan agar tidak salah dan menjadi problem pada perkuliahan.

Oke sekarang saya akan ngasih tips agar kalian tidak terjerumus kedalam jurusan yang salah dan membuat kalian jadi gundah gulana dan gerutu sendiri dipojokan kamar karena bingung memilih jurusan kuliah untuk diambil.
.

 1. Pilih jurusan yang sama dengan jurusan kalian pas di sekolah dulu .

Kenapa saya bilang begitu ? karena saya pun gitu. Hal ini yang bakal jadi pemfokusan kita di perkuliahan nanti dan pastinya kalian udah punya dasar untuk ngelanjutin pelajaran yang ada dikampus kalian nanti.

Contoh : 
  • Di SMK(Teknik Komputer jaringan/RPL) → Di Perguruan Tinggi (Teknik Informatika,Sistem informasi,Decafe dll)
  • Di SMK(Akuntasi) → Di Perguruan Tinggi (Akuntansi,Perbankan,Ekonomi bisinis dll)
  • Di SMK(Adm.Perkantoran) → Di Perguruan Tinggi bisa (Akuntansi,Perkantoran,Perbankan,Perhotelan dll)
  • Di SMK(Teknik Industri) → Di Perguruan Tinggi (Teknik Industri)
  • Di SMK(Teknik Elekro) → Di Perguruan Tinggi (Teknik Elekro,Mekatronika,Dll) .
  • Di SMK(Perhotelan) → Di Perguruan Tinggi (Perkantoran,Pariwisata,Perhotelan dll) .

2.  Pilih jurusan yang berdasarkan Hobi kalian .

Kenapa saya bilang begitu ? karena Hobi adalah kegiatan yang paling menyenangkan yang kita lakuin sejak lama , dengan bekal itu Hobi kalian akan tersalurkan di perkuliahan nant.

Contoh :

  • Hobi kalian Membaca,menulis → (Jurusan SASTRA) disini kalian bisa salurkan hobi kalian dengan membuat karangan,artikel, ataupun bisa membuat puisi agar hobi kalian bisa tereksplor dengan kegiatan sastra yang kalian ikuti. Dengan hobi ini membuat kalian tidak jenuh dalam perkuliahan nanti.
  •  Hobi Bermain Game → (Jurusan Teknik Informatika) disini kalian bisa mengembangkan hobi kalian dengan bermain game karena dari jurusan ini kalian banyak mengenal banyak orang yang mengerti seluk beluk IT ataupun dunia game. Disini Jurusan ini pun kalian Bisa mengetahui program apa saja yang digunakan dalam permbuatan game. Dari jurusan ini kalian bisa belajar membuat game dan belajar menjadi programmer handal dan mengetahui seluk beluk dunia IT.
  • Hobi Bermain musik → (Jurusan Seni musik atau Musik) di jurusan ini kalian bisa kembangkan seni musik kalian agar memiliki keahlian bermusik yang matang.

3. Pilih jurusan Yang berdasarkan Cita-Cita kalian.

Cita-cita adalah impian yang didambakan semua orang agar menjadi kenyataan. Untuk mengejar cita-cita kalian harus tepat memilih jurusan untuk memudahkan peluang cita-cita kalian terwujud.

Contoh :

  • Jika Cita-cita kalian ingin menjadi seorang Programmer → Teknik Informatika
  • Jika Cita-Cita kalian ingin menjadi seorang Dokter Kedokteran
  • Jika Cita-cita kalian ingin menjadi seorang Broadcaster Broadcasting

4. Pilih Jurusan Yang berpotensi besar dalam pekerjaan .

Dalam pekerjaan kita selalu mendambakan pekerjaan yang nyaman dan mudah dikerjakan.
Bahkan dalam dunia usahapun kita selalu ingin membuat usaha kita nyaman dan mudah mendapatkan konsumen. agar membuat pekerjaan menjadi nyaman dan mudah kita harus mempunyai bekal ilmu yang sejalan dengan pekerjaan. 
Dalam memilih jurusan kuliah pun kalian harus tau jurusan apa yang berpotensi mempunyai peluang besar penerimaan pekerjaan.

5. Pilih jurusan yang menurut kalian Nyaman.

Sebagian besar mahasiswa yang salah pilih saya  selalu nemuin mahasiswa yang kesel sama jurusan nya sendiri,itu sih mungkin karena mereka niat ga niat kuliah dijurusan itu ataupun salah jurusan. 
Faktor tersebut bisa membuat mahasiswa itu sendiri jadi malas-malasan untuk kuliah.

Kesimpulan : Maka alangkah baiknya kalian cari tau terlebih dahulu apa saja mata kuliah/pelajaran-pelajaran yang ada dijurusan tersebut agar kalian tidak bermalas-malasan dengan mata kuliah yang kalian ikuti. Oleh karena itu, pilihlah jurusan yang membuat kalian nyaman dan membuat kalian menjadi semangat untuk kuliah dan sesuai dengan diri dan karakteristik atau tujuan kalian.

Demikian Tips dari saya bagi yang Bingung Memilih Jurusan Kuliah ? .Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian.

Terima kasih telah membaca artikel di Blog ini. Jika kalian suka dengan artikel ini silahkan berkomentar dan Follow akun sosial media Ajib20.blogspot.co.id.
Enjoy Blogging Guys :)

No comments:
Write comments