Friday 23 December 2016

CARA SCREENSHOT GAMBAR DI PC/LAPTOP MENJADI FILE .JPEG (FOTO/GAMBAR)

Hai perkenalkan nama saya Syifa Nurhalimah, saya anggota tim diblog ini. Kali ini saya akan menulis artikel pertama saya dan akan berkontribusi baik dengan blog ini. 

Banyak orang yang terkadang bertanya kepada saya, gimana sih cara screenshot di pc atau laptop kaya di handphone supaya jadi file gambar gitu?. Oke sekarang saya akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut dengan membagikan tutorial screenshot gambar di pc atau laptop dan mengubah nya menjadi format (JPEG) atau foto

Tutorial Screenshot  Gambar Di Pc dan laptop Ajib20


1. Plih gambar atau tampilan layar pada pc atau laptop kalian yang mau di print screen/Screen Shoot (saya memilih untuk screen desktop pada windows7).

Disini kita akan menggunakan tombol yang berfungsi untuk menscreenshot gambar atau tampilan di pc dan laptop kita dengan menggunakan tombol PRTSCR (Print Screen) contoh gambar berikut :


Tombol PRTSRC (Print Screen)


2. Buka Program Paint untuk kita Paste/Tempel gambar yang sudah kita screenshoot tadi. Caranya : klik Star -> all program -> Accessories -> Paint contoh gambar berikut ini :


menu>>Accesoris>>Paint


3. Seperti yang saya bilang tadi,setelah terbuka program Paint tersebut. Tekan Ctrl + V pada keyboard anda atau klik menu edit lalu pilih paste pada program paint.


Tampilan ketika kita menempelkan gambar tersebut di paint


Gambar diatas adalah tampilan setelah kita Paste/Tempel hasil screenshot tadi.

4. Kemudian Buka Menu Files, Laluu pilih menu Save as. Kenapa harus memilih menua save as? karena dengan memilih Save as kita bisa mengubah format file yang akan kita simpan berupa file Jpeg,Gif dan lain-lain. Tetapi sekarang saya menggunkan option file Jpeg yah...


Tampian menu Save as



5. Lalu pilih  Direktori atau tempat dimana anda akan menyimpannya.
Contoh : di pictures
Lalu pada kolom save as type anda pilih format JPEG (*.jpg;*.jpeg;*.jpe;*.Gif).

Pilih format sesuai kebutuhan anda


6. Terakhir, Klik Simpan, Sekarang tinggal anda lihat tempat anda simpan gambar yang anda sudah screenshot di Paint. Selamat sekarang kalian bisa screenshot gambar atau tampilan layar pc dan laptop anda.

Mudah bukan ? awalnya memang bingung dan terlihat sulit karena kita belum tau gimana caranya dan gimana melakukan nya. dengan tutorial ini semoga kalian bisa memanfaatkan tombol PRTSCR (Print Screen) secara optimal untuk mengscreenshot gambar pada pc dan latop anda.

Semoga Tutorial ini bermanfaat.

Terimakasih telah membaca tutorial diatas, jika kalian suka dengan tutorial diatas komen dan follow akun Ajib20.blogspot.co.id  . 

Enjoy Writing Guys !









No comments:
Write comments